Mengimpor barang dari luar negeri adalah cara
terbaik untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga terendah. Tetapi dari
semua hal yang baik, ada beberapa masalah logistik yang harus Anda persiapkan sehingga impor barang berjalan lancar.
Kami memberikan gambaran singkat tentang apa yang perlu dipersiapkan ketika mengimpor barang dari luar negeri, serta
beberapa rincian dan tip tentang cara untuk mendapatkan barang-barang Anda dikirim
langsung ke alamat Anda.
Permasalahan
yang perlu Anda ketahui ketika memesan barang dari luar negeri, yaitu:
- Jadwal (Waktu) Tunggu yang Lama - vendor luar negeri umumnya tidak mulai membuat produk Anda pesan sampai Anda benar-benar membayar sedikit uang muka untuk menutupi biaya bahan. Tergantung pada sifat dari item barang yang Anda pesan, biasanya harus menunggu satu sampai empat bulan untuk mendapatkan produk diproduksi, sebab sangat jarang vendor mempunyai persediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.
- Pesanan Minimum yang Besar - Jika Anda memesan produk yang akan diproduksi di luar negeri, biasanya akan dihadapkan pada order minimum yang cukup besar. Padahal Anda belum butuh barang sebanyak itu. Setiap produsen mempunyai ketentuan pesanan minimum mereka sendiri, maka jangan malu bertanya sebelum memesan.
- Ketentuan Pembayaran - Tidak semua produsen mau dibayar melalui transfer. Biasanya, Anda harus meletakkan sejumlah uang muka untuk menutupi biaya awal dan kemudian membayar sisanya per item yang siap untuk dikirim. Ada banyak layanan sistim pembayaran yang tersedia untuk menangani masalah pembayaran, tetapi secara umum, transaksi jauh lebih cepat bila ada rasa saling percaya antara Anda dan vendor Anda.
- Kontrol Kualitas - Kualitas produk akan menjadi masalah di awal. Namun, secara umum, biasanya vendor akan memberi beberapa iterasi contoh produk yang sesuai dengan keinginan Anda.
- Hambatan Bahasa - Banyak vendor di Asia tidak dapat berbahasa Inggris dengan baik. Tapi selama Anda dapat komunikasi dengan baik melalui email, hambatan tersebut berjalan lebih lancar. Kebanyakan vendor mampu membaca bahasa Inggris jauh lebih baik daripada mereka memahami bahasa lisan.
PRESSA CARGO
PT. PRESSTIASA CARGOTRANS INTERBENUA
INTERNATIONAL FREIGHT FORWARDER
|
||
Mempersiapkan Pengiriman
Jadi Anda sudah memesan produk Anda dan barang
siap dikirim ke Anda. Ada dua cara pengiriman utama untuk mendapatkan barang-barang Anda, yaitu
melalui udara dan laut.
Tapi sebelum Anda memulai pengiriman Anda, pastikan
Anda meminta dokumen-dokumen berikut dari vendor. Ini akan diperlukan untuk pengurusan kepabeanan, yaitu:
- Faktur Komersial (Commercial Invoice) - Nilai (harga) barang tiap item
- Packing List - Apa yang Anda mengimpor
- Lembar Detail (Detail Sheet) - Rincian bagaimana produk diproduksi;
- Bill of Lading
Pengiriman melalui Udara
Pengiriman barang melalui udara
merupakan pilihan termudah tetapi mahal. Biaya pengiriman melalui udara biasanya lima sampai enam kali lebih
mahal dibandingkan
pengiriman melalui laut.
Pengiriman melalui Laut
Pengiriman melalui laut sangat rumit dan jadwalnya lebih lama dari pengiriman melalui udara, tetapi sangat
layak jika Anda mengimpor barang dalam volume besar, karena melalui laut lebih hemat lima sampai enam kali dibandingkan
dengan
melalui udara.
Kunci utama keberhasilan pengiriman melalui
laut adalah untuk menyewa Perusahaan
freight forwarder dan Customs Clearance (agen pabean)
yang baik. Ini mutlak diperlukan terutama jika Anda
baru pertama
kalinya mengimpor melalui laut. Jangan mencoba dan melakukannya sendiri
kecuali Anda tahu persis apa yang Anda lakukan.
Berikut tugas Perusahaan Freight Forwarder dan Customs
Clearance (Agen
Pabean) dalam
mengurus barang Anda:
- Dokumen Bea Cukai (Customs Documentation) - Mengurus setiap dan semua dokumentasi yang diperlukan dalam seluruh proses
- Bea Masuk (Customs Entry) - Mengurus membawa barang Anda dari pelabuhan langsung ke alamat Anda
- Bea Cukai (Customs Duty) - Mengurus menghitung biaya Anda bayar untuk setiap tugas yang terkait dengan barang-barang Anda
- Bea Obligasi (Customs Single Entry Bond) - Anda diminta untuk membeli obligasi yang berfungsi sebagai jaminan pada Bea Cukai jika Anda harus default pada bea masuk. Agen pabean Anda akan mengurus ini untuk Anda.
Apakah Anda memiliki pertanyaan tambahan? Jangan
ragu untuk menghubungi kami Pressa Cargo - PT. Presstiasa Cargotrans Interbenua di email: pressti.cargo@gmail.com; sales.pressticargo@gmail.com
atau memeriksa beberapa posting kami yang lain. Penjelasan tambahan selanjutnya dapat Anda baca, “Cara ImporBarang dari Luar Negeri" Klik Disini. dan agar pengiriman barang Anda berjalan lancar, kami sarankan
menggunakan Import Door to Door (all in, borongan), Klik Tarifnya disini.
IMPOR DOOR TO DOOR HEMAT DAN CEPAT
HUBUNGI
PRESSA CARGO
Kontak Person:
Saiful Tjutanda - Mobile: 082167689075
Firdous - Mobile: 085277636499
Saiful Tjutanda - Mobile: 082167689075
Firdous - Mobile: 085277636499
No comments:
Post a Comment